Minggu, 01 November 2015

Dasar C# : Elemen Bahasa C#

14.11

Dasar C# : Elemen Bahasa C#
Dalam pemrograman C# kita harus mengetahui elemen dasar dari pada bahasa pemrograman ini sendiri. Dalam setiap bahasa pemograman mempunyai syntax yang berbeda-beda dalam penerapannya. Di dalam artikel saya kali ini akan khusus membahas tentang elemen dasar dari C# itu sendiri.
Setelah kalian mengetahui mengenai bahasa pemrograman c# disini memiliki aturan yang tidak jauh berbeda nantinya dengan C++ ya karena salah satu alasannya adalah C# merupakan pengembangan dari pada C++ dan Java. Pada setiap bahasa pemrograman hal dasar yang harus kalian ketahui adalah mengenai variabel, konstanta, tipe data, enumerasi, dan masih banyak lagi. untuk penjelasan mengenai arti dari masing-masingnya saya akan bahas pada artikel yang berbeda.

Elemen Bahasa C#

Berbicara mengenai elemen bahasa tentu saja kita tidak jauh tentang sesuatu yang nantinya sering kita gunakan dalam pemrograman C# ini. hal yang paling dasar diantara semua bahasa pemrogaman yang dimiliki dan digunakan oleh semua bahasa pemrograman, hanya saja cara implementasinya yang berbeda-beda.
Oke langsung saja.

1. Statement

Statement dalam pmrograman merupakan perintah lengkap yang digunakan untuk melakukan tindakan ke komputer. sebuah program terdiri dari urutan statement yang tersusun dalam melakukan tugas-tugas tertentu. Penulisan statement harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan dalam syntax. kesalahan dalam menulis statement akan menyebabkan syntax ERROR, karena pemrograman C# bersifat case sensitive
contohnya
Console.WriteLine("Hello World");

2. Identifier

Identifier merupakan nama yang diberikan oleh seorang programmer untuk mengidentifikasi elemen-elemen program seperti method, variable, class, namespace dll.
aturan umum dalam membuat sebuah identifier :

  • dimulai dengan huruf
  • tidak mengandung spasi
  • terdiri atas karakter, angka, huruf, dan karakter underscore (_)
  • Tidak menggunakan keyword C# itu sendiri
contoh : upah_lembur, istri2, _aman, $amankan, m3manj4t, dll

3. Keyword

Keyword merupakan identifier built-in atau bawaan dari C# itu sendiri. Keyword sering kali digunakan untuk melengkapi statement dan keyword juga tidak boleh digunakan untuk mendefinisikan elemen program. C# memiliki keyword sebanyak 77 keyword, contohnya 
 Bool, Case, Const, break, byte, char, continue, Class, Goto, Private, struck, dll 

4. Variable

variable dalam pemrograman merupakan tempat dalam memory komputer yang digunakan untuk menyimpan sebua nilai. Setiap variable harus mempunyai identifier yang unik agar nantinya mudah kita ingat dalam proses pemanggilannya. data dan nilai dalam variable dapat dirubah dalam program sewaktu program dijalankan.

Penamaan Dalam variable

setiap bahasa pemrograman memiliki tata cara penamaan variable yang mengacu pada aturan tertentu dari setiap variablenya. didalam C# cara memberi nama suatu variable memiliki aturan sebagai berikut :
  1. Sama seperti tata cara penamaan identifier
  2. sebaiknya menggunakan nama yang mempunyai kesamaan atau terhadap nilai dan fungsi dari variable
  3. penamaan dimulai dengan huruf kecil
  4. penamaan tidak boleh mengandung spasi
  5. kata kedua yang digabungkan dengan kata pertama pada awalnya menggunakan huruf Kapital.
contoh : 
totalPenghasilan

Nah sekian dulu tentang Elemen bahasa yang pertama dari C# masih ada lagi elemen bahasa yang lain dan akan saya bahas pada artikel selanjutnya. jangan pernah berhenti untuk mencari dasar dari pemrograman itu karena sangat mudah kita pahami jika kita mengetahui dasarnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar :

Posting Komentar

 

© 2013 Kodingku . All rights resevered. Designed by Templateism