Minggu, 01 November 2015

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami

09.40

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami
 Selamat siang kembali teman-teman, saya hari ini akan membahas tentang 5 bahasa pemrograman yang lebih mudah untuk kita pahami versi kodingku. Meskipun tidak semua bahasa pemrograman yang bisa kita pahami secara cepat, tapi nih saya punya beberapa bahasa pemrograman yang sedikit lebih mudah untuk kita pahami.
Oke langsung saja kita bahas satu per satu diantara semua bahasa pemrograman itu. Sebelum itu saya ingin sedikit membahas soal bahasa pemrograman, bahasa pemrograman merupakan bahasa tingkat tinggi yang dapat kita gunakan untuk membantu merepresentasikan antara bahasa mesin dengan bahasa kita sehari-hari.
adapun 5 bahasa pemrograman yang dianggap lebih mudah dipahami yaitu :



1. HTML

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami
Hypertext Markup Language (HTML) adalah bahasa standar yang digunakan untuk menampilkan halaman web. HTML bisa melakukan beberapa hal seperti

  • mengatur tampilan dari halaman web beserta isinya
  • membuat tabel dalam halaman web
  • mempublikasikan halaman web secara online
  • membuat form untuk registrasi atau yang lainnya
  • menampilkan area gambar di browser
HTML saya katakan mudah untuk dipahami karena HTML menggunakan tag khusus dalam pemrogramannya. selain itu, banyak editor yang bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman dari html ini seperti notepad, notepad++, dan yang lainnya asalkan kita memberikan format *.html

2. CSS

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah DipahamiCSS merupakan bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk merubah tampilan halaman website agar lebih menarik. Mudahnya memahami css karena kita hanya memerlukan sedikitnya pengetahuan tentang html. CSS sangat berkaitan dengan HTML dimana setiap pembuatan halaman web kita akan memberikan ruang, warna, style tertentu pada halaman tersebut melalui css. Mudahnya memahami css dikarenakan css menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami dalam penerapannya. 



3. Javascript

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami
Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berada pada sisi client dari halaman website(client side). Javascript bekerja dengan 3 bahasa sekaligus yaitu HTML, CSS, Javascript. Html berfungsi untuk menampilkan konten pada halaman web, css berfungsi untuk membuat tampilan halaman web agar lebih rapi, dan javascript digunakan untuk melakukan programming pada halaman web yang dilakukan pada browser. Yang artinya javascript idak perlu lagi di diproses pada server dan langsung bisa digunakan pada komputer user. Mudahnya memahami Javascript karena selain banyaknya literatur tentang bahasa pemrograman ini, banyak juga yang menyediakan library javascript yang dapat kita manfaatkan tanpa harus membuatnya dari awal. contohnya : jquery, jquery-ui, jquery-easyui dan masih banyak lagi.

4. PHP

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami
PHP atau Hypertext Preprocessor adalah suatu bahasa scripting khusus yang digunakan dalam web development pada sisi server. Dengan PHP kita dapat membuat website yang lebih powefull dan juga dinamis. PHP sangat mudah dipahami, selain html, css dan javascript php hampir mempunya persamaan antara prinsip dari pemrogamannya asal saja yang membedakan antara keempatnyaini adalah tag dari masing-masing pembuka dan penutupnya.

5. C# (C Sharp)

5 (lima) Bahasa Pemrograman yang Mudah Dipahami

C# merupakan turunan dari bahasa pemrograman C++ dan Java, dimana menurut saya inilah bahasa pemrograman desktop yang paling mudah untuk dipahami. Selain kompatibilitasnya berbasis berorientasi objek, C# juga mendukung pemrograman procedurall. Pemrograman C# dapat kita lakukan pada beberapa software developer seperti visual studio, netsbean IDE, eclipse dan masih banyak lagi. C# dapat melakukan kompilasi jika kita sudah menginstall .NET framework pada komputer kita, dimana framework ini merupakan framework yang digunakan khusus oleh visual studio ataupun dalam pemrograman windows.

Nah dari kelima bahasa pemrograman diatas merupakan bahasa pemrograman yang saya sarankan untuk teman-teman yang ingin menguasai pemrograman atau ingin menjadi seorang programmer. Selain bahasa pemrograman diatas tadi masihbanyak bahasa pemrograman yang nantinya memiliki fungsi dan kelebihan tertentu dalam programming tetapi dari kelima bahasa pemrograman diatas yang sangat saya sarankan untuk pemula karena selain mempunyai tutorial yang banyak, juga memiliki peminat yang banyak pada forum-forum diskusi jadi kita bisa cepat mendapat jawaban atas kesulitan kita. Nah sekian dulu artikel saya kali ini, saya akan kembali lagi dalam artikel selanjutnya. tetap tambah pengetahuan kalian dengan membaca praktekan dan bicarakan.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar :

 

© 2013 Kodingku . All rights resevered. Designed by Templateism