Jumat, 30 Oktober 2015

Cara Mudah Jadi Programer

21.13

Halo sahabat bloger, salam pertama dari saya yang baru memulai untuk memberikan informasi yang mungkin informasi ini sudah banyak dibahas sahabat bloger lainnya. Ya mungkin saya terlambat membahasnya atau terlambat membangun blog ini, hehehe. ya maklumlah saya lagi sibuk untuk semua project yang harus mengejar deadline. hehe, iya itulah kalau seorang programmer jadi waktu itu sangatlah penting.
Nah disini saya akan sedikit share soal yang namanya programmer atau developer atau si pembuat program itu sendiri.

Bagaimana Program Itu Dibuat?

ya mungkin teman -teman tahu kalau membuat program itu tidak semudah kita menggunakannya, banyak tahapan penting yang harus kita ketahui sebelum kita memberanikan diri untuk menjadi seorang programer. Kebetulan saya sendiri saja belum berani buat membilang diri saya sebagai programer, ya mungkin karena belum siap mental kali ya? :D

Sekilas tentang dunia programming kita harus mengetahui dulu beberapa kualifikasi tertentu agar kita bisa membuat program terutamanya :
  1. Kita harus memahami dan menguasai salah satu ataupun lebih bahasa pemrograman tingkat tinggi, hal ini akan sangat membantu kita tentang bagaimana kita mempresentasikan logika ataupun algoritma dari program yang akan kita buat.
  2. kita harus mampu mendeskripsikan berbagai kasus yang nantinya diberikan oleh client dan mempunyai pemecahan terhadap kasus tersebut, serta kita mampu mempresentasikannya kedalam algoritma yang nantinya mudah kita pahami.
  3. seorang programmer harus pandai melakukan analisa terhadap program dan kekurangan program sebelumnya agar nantinya programer tersebut mempunyai bahan untuk melakukan maintenance program.
nah dari ketiga kreteria diatas masih banyak lagi kreteria yang harus kita ikuti, namun akan sangat mudah kita lakukan jika logikanya kita ketahui dalam pemecahan masalahnya.

Kenapa Perlu Bahasa Pemrograman?

Berbicara mengenai proses pembuatan program ini kita akan mempelajari tentang bahasa pemrograman itu sendiri. ya kenapa perlu bahasa pemrograman? Dan tentu jawabannya adalah agar kita bisa lebih mudah memahami antara bahasa mesin tingkat tinggi dengan bahasa yang hampir kita gunakan setiap hari. 
Mesin ataupun komputer tidak akan langsung mengerti jika kita memberikan perintah secara langsung kalau kita tidak melakukan penerjemahan terhadap perintah yang kita berikan. Kenapa demikian? karena mesin atau komputer yang kita sering gunakan hanya mengerti dengan kode biner (yaitu kode yang hanya diisi dengan 1 atau 0 atau disebut juga tru atau false). nah untuk itulah kita perlu diterjemahkan oleh compiler dari mesin itu sendiri.

nah untuk lebih jelas tentang etika dalam koding atau penjelasan lebih jauh tentang compiler, enterpreter dan bahasa pemrograman kita akan lanjutkan pada artikel saya yang akan datang. Sampai disini dulu pembahasan kita tentang sekilas nya dulu sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar :

Posting Komentar

 

© 2013 Kodingku . All rights resevered. Designed by Templateism